Senin, 03 Agustus 2009

TUGAZZZ


Kenapa Switch lebih unggul dari hub, terangkan lebih detail dari 4 point diatas !

Jawab:
Di dalam hub tidak ada proses apa-apa dalam menangani traffic jaringan. Hub hanya mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut.


Salah satu keuntungan switch yaitu mengurangi collision domain yaitu tabrakan data dalam pengiriman data, collision domain dapat dipecahkan oleh device layer 2 dan 3 yaitu switch/ bridge dan router. Bila pada switch collision domain berjumlah satu yaitu device yang terhubung dalam sebuah port. Sama halnya collision domain, broadcast domain memiliki broadcast tergantung pada port yang terhubung.

Switch dapat dikatakan device yang lebih pintar dibanding Hub, sebab selain menghubungkan komputer switch dapat mengurangi collusion domain, dan menentukan tujuan (destination) dengan cara membaca MAC address, serta memelihara daftar MAC address tersebut.

Di dalam switch setiap port berfungsi juga sebagai suatu bridge. Jika suatu port terhubung dengan suatu device maka secara prinsipal setiap device akan bersifat independen terhadap device lainnya.
Sistem kerja switch yang menjadi keunggulan switch dibanding hub adalah switch menggunakan mode frame transmission yaitu mode pengiriman frame. Ketika komputer pengirim mengirimkan sebuah data, FCS (Frame Check Sequence) yang berada pada switch akan mengecek kesalahan dalam transmisi data dengan cara mengirimkan sandi berupa field 16 bit yang merupakan MAC address.
Perbedaan lainnya lagi adalah bahwa 10/100 ethernet hub hanya bekerja secara half-duplex, ini artinya adalah sebuah device hanya dapat mengirim atau menerima data pada suatu waktu tertentu. Switch mampu bekerja secara full-duplex yang artinya mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar